Inilah Peluang Usaha Kuliner Puding Hias ( Jelly Art ) yang Perlu Kita Coba

Peluang Usaha Kuliner Puding Hias (Jelly Art)

Jelly atau puding biasanya dihidangkan sebagai makanan penutup. Agar tampil lebih menarik, dalam penyajiannya, jelly tak cukup hanya menumpuk bahan warna-warni saja. Puding memiliki warna dan rasa yang bermacam-macam jenisnya. Makanan ini cocok sebagai campuran es buah, dawet, maupun jenis minuman lainnya. Rasanya yang kenyal dengan warna-warni yang memikat sangat cocok disajikan dalam bentuk dingin.


Peluang Usaha Kuliner Puding Hiias

Jika sebelumnya puding hanya dihidangkan dengan hiasan buah ceri, cokelat atau es krim, kini Anda bisa berkreasi dengan menciptakan tampilan puding menjadi bernilai seni yang tinggi. Ini memberi peluang bisnis yang menguntungkan bagi siapa pun. Dengan memberikan sentuhan seni yang unik, maka harga jual dari puding akan semakin meningkat.

Dibandingkan dengan puding yang biasa kita makan, jelly art atau puding hias memiliki keistimewaan tersendiri. Yaitu sebuah puding yang berhiaskan sebagai berbagai macam warna dan bentuk di dalamnya. Seringkali bentuk bunga-bungaan dengan berbagai macam warna. Puding yang telah dihias dengan karya seni ini menimbulkan sensasi tersendiri saat memakannya.

Cara pembuatannya pun sangat mudah. Hanya diperlukan sebuah alat suntik yang steril, pisau, atau sendok. Alat suntik bisa diperoleh di apotek. Untuk memberikan tekstur yang unik dapat pula menggunakan ujung pisau yang lancip.

Strategi Operasional Bisnis Puding Hias

  1. Berlatihlah membuat puding dengan hiasan di dalamnya. Berkreasilah membuat bunga dengan berbagai macam bentuk. Anda bisa bereksperimen dengan menggunakan berbagai macam bentuk pisau atau sendok untuk mendapatkan bentuk bunga yang berbeda-beda. 
  2. Berlatihlah secara terus-menerus sehingga Anda mendapatkan bentuk bungan yang sempurna.
  3. Lakukan promosi ke sekolah-sekolah, atau tetangga. Bisa juga melalui Facebook, Blog, Twitter, maupun melalui Email.

Deskripsi Keuntungan Bisnis Puding Hias
  • Harga per porsi Rp 10.000
  • Asumsi target penjualan per hari 40 porsi
  • Prediksi pendapatan per hari adalah sebesar Rp 400.000
  • Prediksi pendpatan per bulan: 30 x Rp 10.000 x 40 = Rp 12.000.000

Modal awal yang dibutuhkan dalam usaha ini adalah sebesar Rp 4.400.000. Biaya peralatan yang dibutuhkan tidak begitu banyak, karena dalam pembuatan puding hias hanya memerlukan alat yang dipakai untuk menyemprotkan puding saat menghiasnya. Meski sebenarnya ada peralatan khusus yang memang diperuntukkan menghias puding, akan tetapi kita juga bisa menggunakan peralatan dapur yang kita miliki. Peralatan ini bisa menggunakan pisau, atau sendok.

Asumsi target penjualan per hari adalah sebanyak 40 porsi, maka pendapatan yang diperoleh per hari adalah sebesar Rp 400.000. Sementara pendapatan per bulan adalah sebesar Rp 12.000.000. Pendapatan ini dapat meningkat lagi jika jangkauan pemasarannya lebih luas. Misalnya dengan memperbanyak tempat yang akan dititipi, atau rajin-rajin melakukan promosi untuk memperkenalkan produk kita.

Jelly atau puding hias sangat bagus digunakan sebagai suguhan pada acara-acara tertentu seperti: ulang tahun anak,  arisan, perkumpulan keluarga, ataupun acara-acara keluarga lainnya. Oleh karena puding hias cocok disajikan disegala acara, maka pemasarannya relatif mudah. Hanya saja perlu dilakukan secara konsisten, agar masyarakat lebih mengenal produk Anda.

Hambatan dan Saran Dalam Bisnis Puding Hias
  1. Persaingan sesama pengusaha. Ini adalah sebuah tantangan. Anda harus terus-menerus menemukan inovasi dalam kreasi Anda yang berkaitan dengan pembuatan puding.
  2. Buatlah puding dengan berbagai macam rasa. Bila perlu campurkan buah-buahan untuk menambah rasa.
  3. Sangat bagus bila puding dibuat dalam wadah dengan bentuk yang unik. Oleh karenanya carilah cetakan puding dengan bentuk yang lucu-lucu atau menarik.
  4. Promosikan ke sekolah-sekolah pada wali murid untuk memperluas penjualan.
  5. Baik pula menitipkan pada kantin-kantin sekolah, perusahaan, atau menjalin kerja sama dengan pengusaha katering.


Terima kasih telah membaca artikel tentang Inilah Peluang Usaha Kuliner Puding Hias ( Jelly Art ) yang Perlu Kita Coba di blog USAHA KITA jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :